4 Key Lessons For Becoming Young Womanpreneur
Monday, 20 April 2015      1616 reads

4 Key Lessons For Becoming Young Womanpreneur

Setiap 21 April kita memperingati Hari Kartini. Perayaan ini adalah pengingat keberhasilan Kartini memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia. Kartini memberi kontribusi besar bagi kaum perempuan Indonesia untuk dapat bebas bermimpi, berperan, dan berkarya di masyarakat. Keberanian dan kegigihan Kartini dalam memperjuangkan haknya ini bisa menjadi inspirasi kita untuk mengejar impian.  Apa impianmu? Apakah menjadi pengusaha sukses adalah bagian dari mimpimu?
Berapa pun usiamu, kamu memiliki kesempatan yang sama untuk sukses membangun usaha. Kamu bahkan bisa sukses menjalankan usaha dalam usia muda jika kamu mempunyai sikap mental kuat. Lalu, mentalitas seperti apa yang diperlukan dan harus dikembangkan untuk menjadi pengusaha sukses?

Tingkatkan Pedemu!
Salah satu modal untuk meraih impian adalah percaya diri. Jika kamu sendiri tidak yakin dengan diri sendiri bagaimana orang akan percaya pada kemampuanmu? Tingkatkan pedemu dengan berhenti memikirkan kekuranganmu, mulai berpikir positif, dan menonjolkan kelebihanmu. Kamu pemalu? Coba deh angkat kepalamu saat berjalan dan mulai tersenyum pada orang yang berpapasan denganmu. Kenali kelebihanmu. Misalnya jago menggambar, matematika atau mix ‘n match pakaian? Latih terus ya. Menyadari kamu unik dan punya keunggulan bisa membantumu menambah pede saat berhubungan dengan orang lain.

Nggak Selalu Main Perasaan    
Banyak anggapan wanita bekerja dengan perasaan dan sulit mengambil keputusan dengan cepat. Prasangka ini yang harus kamu patahkan. Buktikan bahwa Honey mampu bersikap berani dalam mengambil resiko dan tegas begitu mengambil keputusan penting. Mungkin sulit, tapi cara ini bisa membantu kamu. Pertama saat dihadapkan pada masalah tetaplah tenang dan yakini setiap masalah pasti ada solusinya. Kedua ingatlah apa tujuan kamu. Ambillah keputusan berdasarkan tujuan yang telah kamu tetapkan. Ketahui bahwa kamu tidak bisa menyenangkan setiap orang.

Sanggup Menerima Kritik
Saat kritik datang terkadang muncul perasaan down atau merasa diremehkan. Inginnya marah atau segera membantah. Eits tunggu dulu, jangan keburu bersikap defensif. Kritik adalah hal yang sangat penting dalam perkembangan diri kamu. Ketika Honey mendapatkan kritik, cobalah mendengarkannya dulu. Kritik akan memberimu perspektif baru dan membantu kamu mengerti hal – hal yang tadinya bahkan kamu tak pikirkan. So, terima kritik dengan lapang dada ya, toh kamu juga yang akhirnya memperoleh manfaat.

Pantang Menyerah
Pada saat suatu hari nanti, mungkin Honey dihadapkan dengan masalah sulit yang meruntuhkan motivasi dan membuat kamu berpikir untuk menyerah. Ini tidak aneh karena membangun usaha bagaikan permainan roller coaster yang terus naik turun. Kadang usahamu bisa untung, tetapi bisa juga merugi. Di saat seperti ini, jangan menyerah tetapi cobalah untuk tetap optimis dan pikirkanlah cara – cara bagaimana kamu bisa keluar dari masalah dan membalik keadaan menjadi lebih menguntungkan. Ingatlah semua orang sukses pasti pernah mengalami saat sulit. Perbanyak membaca buku-buku biografi pengusaha sukses. Siapa tahu kamu mendapat inspirasi untuk bangkit. Remember Honey, saat kamu memilih menyerah, di situ kamu gagal!

Bagaimana Honey? Sudah siap menjadi pengusaha muda sukses?

 

SHARE:

Comment

natural honey