7 Taktik Berhasil Diet
Monday, 23 February 2015      1497 reads

7 Taktik Berhasil Diet

 

Hi Honey, pernah nggak kamu berharap bisa menurunkan berat badan dalam waktu singkat? Diet seringkali jadi tumpuan harapan untuk mewujudkan keinginan tersebut. Ada banyak ragam diet yang memberi harapan berat badan turun dengan cepat lewat konsumsi makanan tertentu. Mulai food combining, rawfood, Dash diet, sampai yang saat ini sedang jadi pembicaraan adalah diet mayo. 


Masing-masing diet memiliki aturan tersendiri. Dash Diet misalnya mengurangi konsumsi karbohidrat di dua minggu pertama untuk me-reset metabolisme tubuh. Di fase selanjutnya tubuh kembali diperkenalkan dengan karbohidrat dengan cara baru. Sementara pada food combining menekankan pada pemilihan jenis makanan dan jam mengonsumsinya karena tubuh memiliki siklus  pengolahan makanan yang berbeda dalam setiap rentang waktu (pagi-siang-sore malam). Makanan yang dikonsumsi hendaknya menyesuaikan dengan kemampuan tubuh menyerap makanan tertentu pada waktu tertentu. Sementara diet mayo menekankan konsumsi makanan dengan menghindari konsumsi garam selama sekitar dua minggu. 


Hasil setiap diet juga beragam. Ada yang hanya 1-2 kg sebulan ada yang sanggup menyusutkan berat tubuh hingga 5-8 kg.  Tapi yang tidak kalah sering terjadi adalah berat tubuh tidak menyusut signifikan. Apa sih kunci agar diet berhasil. Simak tips berikut ya, Honey.


1.    Kenali kebutuhan tubuhmu
Ingat ya kebutuhan berbeda dengan keinginan. Tubuh kamu butuh karbohidrat tapi mulut kamu menginginkan mie instan. Kalau tubuh bisa kenyang dengan mengunyah roti gandum kenapa harus memilih menu yang tidak sehat? 

 

2.    Konsultasi dengan nutrisionist
Tiap orang membutuhkan asupan energi berbeda. Tergantung aktivitas dan kondisi tubuhnya. Diet mana yang paling cocok untukmu? Ahli gizi akan membantu kamu memilih diet yang paling cocok dengan kebutuhanmu.


3.    Sertakan aktivitas fisik
Untuk menurunkan berat badan, diet sebenarnya lebih dibutuhkan, namun bukan berarti olahraga tidak memberi pengaruh. Lakukan olahraga teratur untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuhmu dan menjaga kamu tetap fit.


4.    Tentukan target yang realistis
Jangan terlalu keras pada diri sendiri, turun setengah kilogram per minggu adalah target wajar. Meskipun nampaknya kecil, namun seringnya target yang tercapai akan terus menyemangati kamu melakukan diet.  Kamu pun akan terbiasa dengan pola makan sehat lebih lama.


5.    Ketahui kebutuhan kalori 
Ketika kamu mengonsumsi makanan tubuh akan mendistribusikannya sesuai kebutuhan setiap sel. Ketika kebutuhan sel tidak terpenuhi, sinyal lapar akan terkirim. Masalahnya kamu bisa saja merasa kenyang secara fisik tapi secara nutrisi tetap kelaparan. Ketahui kebutuhan kalori kamu dan penuhi dengan proporsi zat gizi yang sesuai kebutuhanmu juga.


6.    Jangan lupa istirahat
Masih suka begadang setiap malam? Lupakan saja diet kamu. Metabolisme tubuh akan berantakan jika kamu kurang tidur. Usaha kamu untuk diet pun akan sulit. Ubah kamarmu menjadi lebih nyaman. Matikan televisi dan jauhkan laptop dan ponsel untuk mempermudah kamu terlelap.


7.    Lakukan dengan gembira
Saat diet, teman-teman mengajak wisata kuliner. Jangan menarik diri. Ikutlah hang out bersama mereka. Tidak ada kan yang mewajibkan kamu ikut memesan makanan setiap berkumpul? Nikmati dietmu dengan tawa riang bersama teman-teman. Kalau perlu minta sahabat-sahabatmu untuk mendukung rencana dietmu, jadi kalau kamu memesan makanan yang over calorie mereka akan mengingatkanmu.


Bagaimanapun, idealnya sih diet dilakukan untuk tujuan kesehatan. Turunnya berat adalah bonusnya. Pertahankan pola makan sehatmu ya meski kamu telah mencapai berat badan ideal. Tubuh yang sehat dan fit akan membantumu tampil segar dan bersemangat di setiap aktivitas.

SHARE:

Comment

natural honey