Ingin Memulai Yoga? Ini yang Harus Kamu Perhatikan!
Wednesday, 15 July 2015      680 reads

Ingin Memulai Yoga? Ini yang Harus Kamu Perhatikan!

Tertarik dengan yoga? Inilah beberapa hal yang harus kamu ketahui.

Yoga berasal dari kata Sanskerta ‘yuj’ yang berarti ‘menghubungkan’. Dalam konteks yoga, kata ini mempunyai arti menyelaraskan tubuh, pikiran, dan jiwa seseorang, guna meningkatkan kesehatan, kebugaran tubuh, dan ketenangan batin.  Ada banyak jenis dan aliran yoga. Ini beberapa  di antaranya.

Ashtanga

Salah satu jenis yoga yang paling tua, Ashtanga yoga berfokus kepada pembangunan massa otot dan peningkatan kelenturan. Bermanfaat juga sebagai penurun berat badan, gerakan Ashtanga yoga cenderung sulit dan bertempo cepat.  

Bikram

Jika kamu menyukai sauna, mungkin ini jenis yoga yang tepat buat kamu. Dilakukan di ruangan yang sudah dipanaskan sampai 40.6 derajat Celcius, kamu akan melakukan 26 gerakan yoga yang dipercaya dapat membantu detoksifikasi (mengeluarkan toksin berbahaya dari dalam tubuh lewat keringat), melatih konsentrasi, serta meningkatkan fleksibilitas.

Kundalini

Kundalini yoga menggunakan pendekatan filosofis dan spiritual. Termasuk di dalamnya adalah meditasi dan teknik bernapas.

Hatha

Hatha yoga adalah dasar dari kebanyakan aliran yoga. Jenis yoga ini cocok untuk pemula karena mudah dipelajari. Hatha yoga sendiri adalah meditasi dan pernapasan sehingga sesi yoga ini selalu dilakukan dengan tempo lambat. Pengurangan stres dan relaksasi adalah contoh kebaikan dari jenis yoga ini.

Setelah melihat jenis aliran yoga di atas, apakah kamu sudah menemukan yang mana cocok untukmu? Sebelum berlatih pastikan kamu memahami tips berikut.

  • Konsultasikan dulu kondisi kesehatan kamu sebelum berlatih yoga dengan instrukturmu yah untuk tahu mana yoga yang sesuai untukmu. Apalagi jika kamu memiliki riwayat hipertensi atau diabetes.
  • Jangan memaksakan diri. Jika kamu merasa tidak sanggup, berhenti sebentar dan istirahatlah terlebih dahulu sebelum melanjutkan kembali.
  • Jangan makan berat setidaknya 30 menit sebelum dan setelah latihan.
  • Kalau masih bingung tentang jenis yoga apa yang cocok, jangan takut untuk mengikuti jenis yoga yang berbeda ataupun guru yang berbeda untuk menemukan perfect fit kamu.
  • Jangan takut mencoba gerakan-gerakan yang kelihatan susah. Lakukan saja dengan tekun sampai kamu terbiasa.
SHARE:

Comment

natural honey