Inspirasi untuk Percantik Halamanmu dari Taman-taman Terbaik di Dunia
Friday, 16 September 2016      1786 reads

Inspirasi untuk Percantik Halamanmu dari Taman-taman Terbaik di Dunia

Tak sedikit orang yang penasaran bagaimana cara agar halaman rumahnya terlihat lebih bagus. Kalau di rumahmu juga ada luas tanah yang tersisa, memang sebaiknya difungsikan semaksimal mungkin. Selain bisa jadi penyerapan air tanah, bisa juga jadi taman cantik yang segarkan pikiranmu kalau lagi suntuk! Agar halaman rumah makin cantik, nggak ada salahnya menuai inspirasi dari desain taman-taman terbaik dunia. Contohnya 5 taman ini:

Gardens by the Bay – Singapore
Ada dua jenis taman penuh inspirasi di area Gardens by the Bay, yaitu Flower Dome dan Cloud Forest. Untuk kamu yang punya lahan sempit, kamu bisa meniru konsep taman vertikal di Cloud Forest. Di sini berbagai vegetasi tropis disusun sedemikian rupa dalam posisi vertikal dan menghasilkan pemandangan yang sangat menyegarkan. Agar tidak bosan dengan melulu tanaman hijau, kamu bisa contek juga ide menambah pahatan kayu yang eksotis agar taman kamu terlihat makin unik. Lain halnya kalau kamu suka taman bunga, kamu bisa coba cari inspirasi di Flower Dome. Indoor garden dalam konservatorium ber-AC ini menampilkan berbagai variasi lanskap taman yang sangat cantik, di mana berbagai jenis tanaman bunga dikelompokkan sesuai warna dan bentuknya. Ada lanskap yang suasananya teduh dan menenangkan, ada pula yang memberi kesan energizing dan ceria.

Eden Project – Inggris
Sebelum jadi taman raksasa yang berisi ribuan jenis tanaman, Eden Project dulunya merupakan  area gersang dengan hamparan tanah liat yang sama sekali tak subur. Jika kita berkunjung ke Eden Project yang terletak di kota Cornwall, kita bisa melihat dua bangunan kubah raksasa yang terdiri dari gugusan “balon” plastik berbentuk heksagon. Di balik kubah ini terdapat simulasi bioma hutan hujan dan bioma Mediterania. Satu pelajaran sederhana yang bisa kita ingat dari Eden Project, seburuk apapun lahan yang ada, kita tetap bisa mengusahakan dan merestorasinya, Honey!

Taman Zen – Jepang
Taman bertema zen bisa kamu temui di kuil-kuil religius Jepang, seperti di Tenryu-ji dan Tofukuji. Taman zen yang biasa disebut rock garden ini memiliki ciri khas utama yaitu bebatuan putih kecil yang ditebarkan dan ditata dengan garu menyerupai aliran sungai, serta susunan batu besar di tengah-tengahnya yang menggambarkan gugusan gunung. Menurut filosofi zen, taman ini digunakan untuk berkontemplasi tentang makna kehidupan, dan menenangkan diri dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Jika kamu tertarik, taman zen mudah kok untuk merancangnya sendiri di rumah. Agar tampak cantik, tempatkan taman zen di sekeliling kolam ikan berwarna-warni seperti ikan koi, dan tampilkan nuansa hijau dari tumbuhan lumut. Tak punya kolam? Ganti saja dengan tanaman bonsai. Kamu juga bisa tambahkan jembatan batu atau kayu untuk menjadi elemen utama tamanmu.

Keukenhof – Belanda


Taman Keukenhof adalah salah satu taman yang wajib dikunjungi jika kamu ke Belanda saat musim semi. Di taman ini kamu bisa berfoto dengan hamparan bunga tulip yang sangat indah, dipadu dengan bunga daffodil dan bunga khas Eropa lainnya. Salah satu kelebihan taman Keukenhof adalah Sensory Garden yang baru dibangun. Konsep sensory garden yaitu untuk menstimulasi indera kita, mulai dari meraba tekstur dedaunan, melihat warna-warni tumbuhan, dan mencium aroma wangi bunga. Taman ini sangat berguna untuk mengajari fungsi indera pada anak-anak, bahkan bisa juga membantu terapi autisme dan demensia.Meskipun tulip tidak tumbuh di negara kita, kamu bisa menggantinya dengan bunga lain yang memiliki banyak variasi warna seperti mawar.

Bagaimana, honey? Sudah makin bersemangat untuk berkebun? Jangan lupa bagikan fotomu saat berada di taman cantik kreasi sendiri di sini untuk mendapatkan paket produk menarik dari Natural Honey.

SHARE:

Comment

natural honey