Jalin Persahabatan di Lingkungan Baru
Tuesday, 25 August 2015      1219 reads

Jalin Persahabatan di Lingkungan Baru

Semua orang pasti akan mengalami fase perpindahan dalam hidupnya. Entah itu pindah kampus, masuk ke kantor yang baru, atau pindah rumah. Beradaptasi dengan lingkungan baru memang bukan hal mudah. Rasa gugup, gelisah, dan takut tidak diterima oleh lingkungan baru akan menghantui. Jangan takut dulu, beberapa tips berikut dapat memudahkan kamu beradaptasi dengan lingkungan baru.

  1. Be Friendly – Sibuk sendiri dengan ponsel atau selalu terlihat cemberut akan membuat orang lain segan menyapa. Singkirkan aura jutek kamu dan tebarlah senyum terbaik. Ingat bahwa senyum dan sikap ramah adalah senjata ampuh untuk berkenalan dengan orang-orang baru.
  2. Ingat nama – Setelah berkenalan, jangan lupa juga untuk mengingat nama mereka. Cara klasik yang ampuh adalah mengulang nama mereka sesaat setelah mereka menyebut nama. Misalnya dengan saat berkenalan dengan Manda, katakan, “Oh Manda ya, kamu tinggal di mana?”
  3. Aktif menyapa duluan – Jangan hanya menunggu diajak ngobrol dong, kamu juga harus berinisiatif memulai pembicaraan. Untuk topik pembicaraan, carilah topik yang tidak terlalu serius seperti makanan, liburan, ataupun hobi.
  4. Fleksibel – Jika ingin mudah beradaptasi, ada baiknya jika kamu belajar menjadi orang yang fleksibel. Ini bukan berarti kamu tidak punya pendirian, namun kamu harus pandai mengatur emosi dan mengambil sikap saat menghadapi masalah dengan beragam orang berbeda di tempat baru. Jangan terlalu cepat memihak ya saat terjadi konflik.
  5. Get involved! - Setiap kali ada kegiatan di lingkungan baru, janganlah takut berpartisipasi. Ikutlah sibuk bersama mereka sehingga kamu bisa menjalin hubungan yang lebih dalam dengan teman-teman baru sekaligus menunjukkan bahwa kamu adalah team player.
  6. Berpikir positif – Jangan mengeluh atau berpikiran negatif saat menemukan diri dalam situasi yang tidak menyenangkan pada saat beradaptasi. Misalnya saat dicuekin lawan bicara atau seolah dimusuhi. Tetaplah berpikiran positif mungkin dia sedang sibuk atau ada alasan lain yang tidak berhubungan dengan kamu. Dan ingatlah kunci menyelesaikan masalah adalah tetap santai dan bersikap bijak.

Nah jangan takut lagi ya untuk membuka diri di lingkungan baru. Selamat menjalin persahabatan yang baru!

Foto: Shutterstock

SHARE:

Comment

natural honey