Yuk, Mengenal Investasi
Friday, 23 October 2015      1211 reads

Yuk, Mengenal Investasi

Kamu ingin menambah pemasukan? Yuk belajar berinvestasi! Dengan investasi yang tepat, kamu bisa mendapat keuntungan yang lebih besar dibanding sekadar menyimpan tabungan biasa. Prinsip dasarnya, belilah produk investasi pada saat harga pasar turun, lalu juallah kembali saat harga jualnya lebih tinggi. Ada beragam pilihan investasi. Kalau kamu masih bingung pilih yang mana cermati dulu yuk beberapa pilihan investasi berikut:

Emas
Emas di mata sebagian orang adalah produk investasi yang relatif lebih aman karena harganya lebih stabil dan cenderung naik setelah beberapa lama. Umumnya emas dapat dibeli dalam bentuk perhiasan atau batangan. Investasi emas jenis batangan lebih dianjurkan karena harganya lebih terukur dan ada standarnya. Emas keluaran Antam biasanya jadi pilihan karena lebih terjamin kualitasnya. Pastikan yang bersertifikat lengkap ya agar mudah digadaikan atau dijual kembali.
Untuk emas perhiasan, harga jualnya cenderung tidak semenarik emas batangan. Apalagi ada ongkos desain dan sebagainya yang berbeda-beda. Tapi asyiknya, sambil berinvestasi kamu bisa menggunakan perhiasan itu sebagai aksesori. Jika memilih perhiasan sebagai investasi, pandai-pandailah mengincar model desain yang kira-kira akan jadi langka dan diminati pasar. 

Reksadana
Berbeda dengan saham yang kita kelola sendiri, dalam investasi reksadana kita menitipkan uang kita untuk dikelola secara professional oleh seorang manajer investasi. Ada empat jenis reksadana yang dapat dipilih sesuai dengan anggaran dan jangka waktu yang kita inginkan, yakni reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana saham. Setiap jenis ada risikonya tersendiri. Makin tinggi risikonya makin besar keuntungan yang bisa diperoleh. 

Saham
Jika kamu membeli saham pada sebuah perusahaan, maka kamu bisa disebut sebagai pemegang saham dan memiliki sebagian dari modal perusahaan tersebut. Jika kinerja perusahaan baik maka kamu sebagai pemilik juga ikut menerima keuntungannya dalam bentuk dividen atau harga saham. Untuk investasi saham, kamu perlu banyak belajar dan mempersiapkan mental karena risikonya tinggi namun bisa mendapat laba yang tinggi pula.

Properti
Jika Honey punya modal yang cukup besar, berinvestasi di dunia properti (rumah, apartemen, ruko) bisa jadi salah satu cara jitu menambah pundi-pundi. Untuk mendapatkan keuntungan yang optimal, pastikan kamu menginvestasikan uangmu pada properti yang lokasinya strategis ya agar propertimu bisa mudah mendapat pembeli atau penyewa.

Foto: Shutterstock

SHARE:

Comment

natural honey