Bikin Yoghurt Sendiri? Langkahnya Mudah, lho!
Friday, 28 July 2017      193 reads

Bikin Yoghurt Sendiri? Langkahnya Mudah, lho!

Kamu suka Yogurt, Honey? Sekarang, kamu bisa membuat yogurt sendiri dengan mudah lho! Rasanya pun bisa kamu kreasikan sendiri. Selain rasanya tak kalah dengan yang dibeli di mall atau di café, yogurt kamu pun tentunya lebih sehat, alami, serta segar! Contek resepnya berikut ini 

  1. Siapkan Bahan dan Alat Membuat Yoghurt
    • 600ml Susu segar full cream
    • 3 sendok makan bibit yogurt dari yogurt plain (bisa dibeli di supermarket). Pastikan tanggal kedaluwarsanya masih jauh serta teksturnya masih kental. Jangan pakai yang diberi perasa atau pewarna ya. Jika punya kultur yogurt dalam kemasan sachet, kamu juga bisa menggunakannya.
    • Gula atau madu
    • Wadah yang bisa ditutup rapat (bisa berbentuk stoples, jar, botol, bahkan kotak bekal)
       
  2. Panaskan Susu
    Agar susu steril dari bakteri lain, panaskan dengan api kecil sambil terus aduk perlahan, jangan sampai teksturnya pecah. Panaskan hingga mencapai suhu 80?C, dan jaga jangan sampai mendidih ya! Jika kamu tidak punya termometer khusus memasak, timbulnya gelembung kecil adalah pertanda susu sudah harus diangkat dari api. Jika kamu ingin menambah esens atau pemanis seperti madu atau gula, kamu bisa tambahkan ke susu di tahap ini.
     
  3. Campurkan dengan kultur / bibit yogurt
    Setelah dipanaskan, diamkan susu di suhu ruangan sampai tidak terlalu panas (suhu 43 ?C). Kamu juga bisa memeriksa suhu ini dengan mencelupkan ujung jarimu. Suhu hangat yang pas akan terasa tidak membuat jari melepuh, tetapi tidak boleh sampai terlalu dingin juga. Jika sudah seperti ini, susu sudah siap menjadi media biakan bakteri.


Siapkan wadah yang bersih dan steril, dan campur susu hangat dengan biakan yogurt secara bertahap tiap 200mL sambil diaduk dengan perlahan. Campuran yang baik tak boleh jadi terlalu lembut, lebih baik sisakan gumpalan-gumpalan terutama di dasar wadah. Jika dirasa sudah merata, balut wadah dengan kain agar tetap hangat dan diamkan di tempat terhangat di rumah, seperti di belakang kulkas.
 

  1. Proses inkubasi
    Inkubasi artinya proses fermentasi susu + pengembangbiakan bakteri di dalam wadah tertutup. So, di sini kita harus menunggu sampai 8 jam, untuk membuka kembali wadah ini!
     
  2. Masukkan ke dalam kulkas
    Jika tekstur sudah mengental, dan rasa sudah menjadi asam segar, ini artinya bakteri sudah berkembangbiak menjadi koloni-koloni yang sudah sempurna. Ini artinya kamu sudah bisa memasukkannya ke kulkas. Jika bisa tempatkan bakal yogurtmu di kulkas bagian belakang, jangan di depan bahkan di pintu kulkas, supaya suhunya terjaga stabil tetap dingin! Diamkan selama 1 malam di kulkas.
     
  3. Diamkan di suhu ruangan
    Jika semua proses tersebut sudah selesai, yogurt kamu sudah siap disantap! Jika ada yang teksturnya berpisah, buang saja bagian atasnya namun jangan buang cairan di tengah karena itu bagian yang sehat. Jangan lupa diamkan dulu sejenak di suhu ruangan agar tidak terasa terlalu dingin.

Setelah yogurt jadi, pastinya ingin cepat-cepat dicicip ya! Kamu bisa meminumnya langsung, mencampurnya dengan smoothies atau bahan makanan seperti puding atau healthy breakfast bowl. Selain memang sangat sehat untuk diasup, yogurt juga punya banyak manfaat untuk kulit sehat lho. Nutrisi alami dari asam laktatnya bisa menghambat produksi melanin dan membuat kulit cerah berseri! Kamu bisa membuat masker dengan yogurt dengan cara ini : Yuk Buat Masker Wajahmu Sendiri!

Nikmati khasiat alami yogurt yang dilengkapi dengan Pure Honey, Vitamin B3 dan SPF 30++ di Natural Honey Hand Body Lotion Pure White

SHARE:

Comment

natural honey