Cara Membuat Aromatherapy Sendiri
Wednesday, 01 November 2017      59 reads

Cara Membuat Aromatherapy Sendiri

Tahukah kamu aromaterapi dengan keharuman alami memiliki banyak khasiat untuk kesehatan? Kalau kamu susah tidur atau ingin mengusir stres, wewangian tertentu bisa membantu banget lho! Aromaterapi bisa kamu beli dalam bentuk lilin, spray, minyak oles, dan lain-lain. Tapi sayangnya harga aromaterapi biasanya cenderung mahal. Dengan kemasan yang unik dan mewah, kebanyakan lilin aromaterapi bisa kamu temukan di pusat perbelanjaan eksklusif. Padahal kita bisa membuatnya sendiri dengan mudah! Kita juga bisa mendesainnya sesuai warna, wadah, serta aroma kesukaan kita. Menarik bukan?

  1. PENGHARUM RUANGAN



Salah satu bentuk wewangian aromaterapi yang nggak cuma cantik, tapi juga praktis untuk dibikin sendiri di rumah adalah Potpourri. Potpourri adalah pengharum ruangan alami yang terdiri dari bunga-bungaan dan tanaman yang wanginya tahan walaupun sudah dikeringkan.

Cara membuatnya mudah dan ramah lingkungan lho!

Siapkan ini: Kalau kamu punya buket bunga yang sudah mulai layu, ketimbang dibuang, lebih baik dimanfaatkan. Pisahkan kuncup bunga yang ada, lalu lengkapi dengan irisan tipis buah lemon dan jeruk untuk menambah kesegaran, serta rempah-rempah seperti cengkeh, pala, dan kayu manis agar aromanya jadi lebih kaya.

Cara membuat: Panaskan semua bahan di oven bersuhu 95?C hingga mengering (namun jangan sampai gosong!). Setelah itu semprot permukaannya dengan campuran air dan ekstrak vanili. Tata rapi di mangkuk atau kantung kain, dan voila jadi deh potpourri alami!
 

  1. LILIN AROMATERAPI



Siapkan ini :
Lilin (Lebih baik pakai jenis beeswax), sumbu lilin, essential oils untuk aroma, serutan krayon non-toxic untuk pewarna, wadah lilin (toples), pengaduk, sumpit, dan panci.

Cara membuat : Setelah siap, aduk dan lelehkan lilin dalam panci dengan api kecil. Setelah meleleh sepenuhnya, teteskan essential oil dan masukkan serutan krayon sedikit-sedikit sambil terus mengaduk. Setelah warna dan essential oil sudah merata, pasanglah sumbu di tengah wadah lilin. Caranya, isi wadah lilin dengan lilin cair setinggi sekitar 1/5 toples, lalu masukkan sumbu dalam keadaan tegak hingga terendam. Tahan posisi sumbu dengan sumpit yang diletakkan di bibir stoples. Jika lilin sudah mulai memadat, tuang sisa lilin cair dari panci dengan perlahan. Diamkan hingga mendingin dan potong sumbu sesuai kebutuhan. Lilin cantikmu sudah jadi dan siap pakai!
 

  1. SPRAY



Siapkan ini : Air murni (distilled water), alkohol murni, dan essential oil.

Cara membuat : Campurkan semua bahan sesuai selera kamu dalam botol spray. Beranilah bereksperimen dengan takarannya, karena tiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Kocok atau aduk perlahan. Diamkan selama satu hari sebelum digunakan untuk memastikan tercampur sempurna.
 

  1. MINYAK OLES



Siapkan ini : minyak zaitun murni atau minyak grapeseed (pastikan minyak yang kamu pilih aromanya netral atau tidak beraroma sama sekali), tanaman segar yang akan diekstrak (misal buah-buahan citrus, lavender atau mawar), mangkok kaca kecil, panci, saringan, toples kaca bening, botol minyak kecil berdinding gelap.

Cara membuat jika kamu memilih bahan bunga : Keringkan bunga seharian penuh dengan cara menggantungnya terbalik mengarah ke sinar matahari. Kalau bunga sudah terlihat mengerut tetapi belum terlalu kering, maka kamu sudah bisa menghancurkan bunga dan melanjutkan ke tahap berikutnya.

Cara membuat jika kamu memilih bahan citrus : Parut kulit buah, rendam dalam mangkuk kaca berisi minyak zaitun dan tutup rapat-rapat.

Cara membuat jika kamu memilih bahan daun : Memarkan daun, rendam dalam toples kaca berisi minyak zaitun.

Cara membuat ekstraksinya : Untuk yang berbahan daun, jemur toples kaca di samping jendela sampai warnanya berubah, goyangkan atau kocok toples sehari sekali. Untuk yang berbahan bunga atau citrus, rebus tim mangkuk kaca yang berisi minyak dan hancuran tanaman selama 1-2 jam dengan api sedang. Setelah itu pisahkan minyak dari tanaman dengan saringan dan masukkan minyak ke dalam botol berdinding gelap.

SHARE:

Comment

natural honey