Stay Fit Selama Berpuasa
stay_fit_berpuasa.jpg

Bulan Ramadhan sudah tiba. Penting sekali untuk kamu yang menjalani ibadah puasa untuk menjaga tubuh agar tetap selalu sehat dan aktif dalam bulan suci ini. Memang kedengarannya susah, tetap aktif dan bugar selagi menahan haus dan dahaga. Tapi ini bisa dilakukan lho asal kamu tahu rahasianya.

  1. Sahur dan Buka
    dengan menu yang tepat Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti gandum, ubi, dan kacang – kacangan untuk memberikan tubuh energi sekaligus mencegah rasa cepat lapar. Selain itu, asupan protein seperti ikan, telur, dan susu akan membantu menstabilkan kadar gula tubuh selama berpuasa. Hindari porsi besar saat berbuka dan isilah perut dulu dengan makanan ringan dan manis seperti kurma atau ketan. Berikan lambung waktu sekitar setengah jam untuk beradaptasi sebelum kamu menikmati menu utama. Kalau bisa makanannya jangan digoreng ya supaya lebih sehat.
  2. Tetap Olahraga
    Jangan gunakan berpuasa sebagai alasan untuk bolos nge¬-gym. Cukup kurangi intensitasnya saja. Olahraga itu penting lho untuk membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh. Lakukanlah olahraga ringan seperti joging, bersepeda, atau yoga setidaknya 30 menit setiap harinya. Sebaiknya  lakukan olahraga 30 menit sampai 1 jam sebelum berbuka agar kamu tidak menunggu waktu lama untuk minum dan mengganti cairan tubuh yang keluar saat olahraga.
  3. Minum yang Banyak
    Kekurangan air akan menyebabkan kelelahan, sakit kepala, dan mual. Pada saat berpuasa,kebutuhan air kamu sama seperti saat kamu tidak berpuasa, yaitu sekitar 2 liter atau 8 gelas sehari. Bedanya saja kamu tidak bisa minum setiap saat. Oh ya, sebaiknya kamu minum air secara bertahap ya, jangan langsung banyak sekaligus. Ini supaya kamu bisa lebih mudah mengontrol berapa gelas air yang sudah kamu minum.
  4. Tidur yang Nyenyak
    Segarkan pikiran dan mood kamu dengan tidur cukup. Selain memaksimalkan waktu tidur malam, sesekali sempatkan tidur siang. Cukup 20 menit saja, kamu pasti akan merasakan badan kamu lebih bugar dan pikiran kamu lebih segar.
    Selama bulan puasa, kurangnya konsumsi air dapat membuat kulit kamu cenderung kering dan kusam. Duh, pasti tidak enak banget ya dilihat. Nah, untuk mencegah hal ini, ada baiknya kamu menjaga kesegaran kulit kamu dengan mandi menggunakan air dingin dan bukan air panas. Ini karena air panas dapat menyebabkan hilangnya lemak pada lapisan kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering. Setelah mandi, segera gunakan body lotion seperti Natural Honey Moisture Rich yang bisa membantu kamu merawat kulit kusam dan kasar sehingga cerah lembut. Tidak hanya itu saja, Natural Honey Moisture Rich juga mengandung 24h Formula yang dapat mengunci kelembapan alami kulit dan menutirisi hingga lapisan terdalam selama 24 jam sehingga kulitmu senantiasa sehat, segar, dan bercahaya.

Gimana Honey? Apakah kamu siap mempraktekan tips-tips ini agar tubuh tetap sehat selama berpuasa?