8 Fakta Menarik Tentang Madu
fakta_menarik_madu.jpg

Siapa sih yang tidak kenal dengan madu? Hasil alam yang satu ini sudah sejak lama diakui memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.  Madu dapat menjadi bahan pemanis alami dan juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi, ternyata bukan itu saja lho yang menarik dari madu. Ada banyak fakta- fakta unik lainnya tentang madu yang kamu perlu tahu. Yuk diintip!

  1. Madu telah dikenal dan digunakan sejak ribuan abad yang lalu. Lukisan goa yang terdapat di Cueve de la Arana di kota Valencia, Spanyol, menggambarkan sebuah sosok yang sedang mencoba untuk mengambil madu  dari sarang lebah madu. Lukisan tersebut diperkirakan berusia sekitar 8000 tahun.
  2. Madu adalah satu-satunya makanan yang dihasilkan oleh serangga, dan dimakan baik oleh serangga dan manusia.
  3. Untuk membuat satu kilogram madu, para lebah harus mengunjungi sekitar empat juta kuntum bunga untuk mendapatkan serbuk sari.
  4. Tahukah kamu kalau madu itu memiliki banyak ragam rasa, aroma, dan bahkan warna yang berbeda? Ini disebabkan oleh adanya variasi dalam kadar air dan serbuk sari yang dikumpulkan oleh para lebah madu. Contohnya, madu dandelion memiliki warna kuning tua keemasan dan bercita rasa tajam. Sementara itu, madu yang berasal dari bunga lavender berwarna keputihan ataupun kuning terang dan bercita rasa manis dan lezat.
  5. Tahukah kamu bahwa madu itu adalah satu-satunya makanan yang mengandung semua zat yang diperlukan untuk mempertahankan hidup? Selain mengandung enzim, vitamin, mineral, dan air, hasil ini juga merupakan satu-satunya makanan yang mengandung "pinocembrin", antioksidan yang dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak.
  6. Kamu tidak perlu takut menyimpan madu terlalu lama. Kenapa? Karena madu adalah salah satu makanan yang tidak bisa basi atau kadarluasa. Terkomposisi dari sekitar 80% gula dan 20% air, madu memiliki kandungan pH yang tinggi dan sedikit kandungan air sehingga bakteri akan kesulitan bertahan hidup. Masih tidak percaya?  Para arkeolog di Mesir pernah lho menemukan madu yang berumur lebih dari 2,000 tahun di makam para firaun. Madu tersebut masih bisa dimakan!

  7. Secara umum, lebah pekerja hanya menghasilkan 1/12 sendok teh madu seumur hidupnya. 
  8. Jika kamu sering berolahraga, cobalah untuk mengonsumsi madu karena madu adalah salah satu suplemen terbaik untuk pra dan pasca latihan. Jika dikonsumsi sebelum latihan, madu akan menyediakan glukosa dan energi yang bisa digunakan saat latihan. Sementara untuk pasca latihan, madu membantu pemulihan otot dan pengisian glukosa darah.