Apa Itu Cold Pressed Juice?
Apa_Itu_Cold_Pressed_Juice.jpg

Jika kamu penggiat gaya hidup sehat, pasti pernah dengar istilah cold pressed juice. Kamu bisa menemukan cold pressed juice dijual di mall dengan harga yang relative lebih mahal. Dari segi looks, cold pressed juice memang lebih istimewa. Teksturnya lebih cair, serta sering dipromosikan sebagai jenis jus yang lebih sehat. Memangnya apa sih bedanya dengan  adalah jus rumahan? Simak infonya berikut ini :

  1. Cold pressed juice lahir setelah banyak orang yang mulai memperhatikan bahwa nutrisi pada buah dan sayur yang diblender ternyata malah mengalami penurunan. Metode lain untuk menghasilkan jus yang lebih bergizi pun mulai dicari.
     
  2. Pada cara juicing yang biasa kita kenal, kita akan menggunakan pisau blender yang diputar dengan kecepatan tinggi untuk mencacah buah hingga lembut. Nah, akibat gesekan pisau yang berputar ini, suhu di dalam blender akan mengalami pemanasan. Suhu yang panas ini ternyata bisa mengubah bahkan merusak kandungan nutrisi buah dan sayur yang diblender, terutama Vitamin C yang secara alami memang sensitif pada panas.
     
  3. Karena jus yang diblender ternyata mengalami penurunan kualitas gizi, maka orang pun mulai mencari cara lain membuat jus. Akhirnya ditemukanlah teknologi baru mesin pressing yang bekerja dengan menekan buah/sayur secara perlahan hingga sarinya terekstraksi. Karena cara menekan ini nggak bikin suhu panas, maka disematkanlah istilah “cold” sebagai pembeda dari cara membuat jus yang mengalami pemanasan. Dan tentu saja, hasil jusnya pun dinamakan cold pressed juice.

Ada beberapa keuntungan cold pressed juice yang bisa kamu rasakan. Antara lain :

(+) Kandungan gizinya lebih mendekati gizi buah asli dibanding jus hasil blender.

(+) Lebih banyak serat karena semua isi buah terproses tanpa dibuang/disaring

(+) Lapisan jus tidak akan terpisah

Gimana Honey, tertarik untuk mencoba cold pressed juice? Kamu juga bisa mengunggah fotomu saat minum jus sehat dan alami ini di Instagram untuk ikut kompetisi Natural Honey Living! Tapi kamu juga harus tetap ingat bahwa cara paling baik mengonsumsi buah adalah dengan langsung dimakan, tanpa proses apapun. Walau diproses dengan teknik cold press sekalipun!