Lakukan 5 Langkah Persiapan Ini Sebelum Berolahraga
Lakukan-5-Langkah-Persiapan-Ini-Sebelum-Berolahraga.jpg

Setiap orang yang berolahraga, pasti punya tujuan untuk hidup lebih sehat. Tetapi sebelum berolahraga, nggak ada salahnya kamu melakukan beberapa langkah-langkah persiapan terlebih dulu. Sebab, jika kamu berolahraga tanpa persiapan sama sekali, bisa-bisa kamu bisa sakit datau cedera. Apa saja ya langkah persiapannya?

Makan atau tidak?
Banyak yang bertanya-tanya, apakah perlu makan sebelum berolahraga atau tidak? Sebenarnya, kamu dianjurkan untuk tidak berolahraga dalam kondisi perut kosong atau terlalu kenyang. Tepatnya, kamu harus mengisi perut dengan makanan yang tidak terlalu berat. Misalnya roti gandum dengan selai kacang dan potongan pisang, smoothies buah, yogurt dengan potongan buah segar, ataupun sepotong buah apel. Konsumsi makanan tersebut kira-kira 20 – 30 menit sebelum berolahraga. Dengan begitu kamu akan memiliki tenaga dan nggak gampang lelah saat berolahraga.

Stretching
Jangan coba-coba melakukan melakukan olahraga tanpa stretching terlebih dulu. Lanturkan otot-ototmu dengan gerakan pemanasan selama 7 – 10 menit sebelum berolahraga. Peregangan dapat mengurangi risiko cedera dan kram saat berolahraga.

Sebotol air minum
Siapkan selalu sebotol air minum untuk menemani kamu saat berolahraga. Saat berolahraga, cairan tubuh akan keluar melalui keringat sehingga harus digantikan dengan cairan yang baru. Jika tidak kamu bisa dehidrasi yang menyebabkan tubuh terasa lemas, pusing, hingga pingsan.

Pakaian kering
Saat berolaharaga, keringat yang membasahi tubuh akan membuat pakaianmu jadi ikutan basah. Oleh karena itu, ada baiknya menyiapkan handuk serta pakaian ganti yang kering untuk digunakan setelah berolahraga. Jangan biarkan bajumu yang basah oleh keringat sampai mengering lagi di badan karena akan membuat tubuhmu masuk angin.

Pelindung kulit
Entah berolahraga di dalam ataupun luar ruangan, pastikan kulitmu sudah diproteksi sebelum berolahraga. Gunakan lotion yang bisa melembapkan sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar atahari seperti Natural Honey Pure White yang mengandung yogurt, madu, vitamin B3, dan SPF 30 PA++. Meskipun kamu hanya melakukan treadmil di dalam gym, sinar matahari dapat masuk melalui kaca jendela dan mengenai kulitmu. Jadi, jangan lupa lindungi kulit sebelum berolahraga.