Liburan Tanpa Ikut Tur, Siapa Takut?
Liburan_Tanpa_Ikut_Tur_Siapa_Takut.jpg

Bagaimana gayamu saat berlibur, Honey? Jika kamu tipe yang mandiri dan suka berpetualang, pergi traveling tanpa panduan tur bakal asyik nih buat kamu! Mau jalan-jalan atau seru-seruan ke mana saja, kamu bisa merencanakannya sesuai keinginan sendiri. Alhasil, ongkos buat bayar jasa tur dan pemandu wisata juga bisa kamu pakai buat makan atau belanja suvenir. Tertarik? Pastikan kamu melakukan hal ini ya :

  • Ikut komunitas backpacker 
    Komunitas backpacker Indonesia adalah salah satu komunitas yang akan berbagi informasi dengan gamblang mengenai traveling. Jika kamu punya pertanyaan, atau bahkan ingin konsultasi tentang rencana perjalananmu, komunitas seperti ini siap membantumu. Coba saja bergabung melalui grup Facebook. Siapa tahu kamu juga bisa berkenalan dengan teman yang bisa seperjalanan denganmu nanti!
     
  • Buat rencana perjalanan
    Meskipun kamu orang yang spontan, rencana perjalanan tetap penting untuk dipersiapkan agar kamu punya gambaran bagaimana kamu akan menghabiskan liburanmu. Sebuah rencana yang matang bisa bantu kamu antisipasi berbagai kendala selama liburan. Contohnya kamu berniat ke sebuah tempat wisata, tapi karena kamu ‘spontan’ dan minim informasi, sesampainya di tempat tujuan, lokasinya justru tutup karena sedang direnovasi. Apalagi kalau tempatnya terpencil dan susah dijangkau oleh transportasi lokal. Hal ini justru membuat waktu dan biaya terbuang sia-sia. Rencanakan perjalananmu dengan matang agar kamu bisa terhindar hal konyol seperti ini.
     
  • Pesan tiket pesawat murah
    Salah satu keuntungan nggak ikut tur yaitu kamu bisa menentukan jadwal penerbangan atau perjalanan kamu dengan bebas. Kamu pun bisa beli tiket pesawat promo dengan harga lebih murah.
     
  • Pesan akomodasi online
    Akomodasi adalah salah satu hal yang diatur dalam paket tur. Di luar tur, mungkin kita agak kebingungan bagaimana cara memilih penginapan, apalagi kalau di luar negeri. Solusinya adalah dengan memilih akomodasi murah secara online. Contohnya lewat situs AirBnB, HostelWorld, Booking.com, Agoda.com, dan situs lain yang sejenis. Dengan memesan secara online, terkadang kamu juga bisa dapat diskon dan promo menarik lho! Pastikan tempat penginapanmu sesuai kebutuhan ya. Jika kamu mementingkan kenyamanan, cari yang paling tinggi rating-nya. Namun kalau kamu mementingkan harga yang murah, ada juga penginapan bertipe hostel yang sering digunakan para backpacker.
     
  • Browsing tentang tempat tujuan
    Tiket sudah di tangan, dan rencana perjalanan sudah beres dibuat? Jangan berhenti sampai di situ saja. Terus gali informasi tentang tempat liburan kamu. Terutama jika kamu melancong ke negeri orang. Pelajari bahasanya dan tata kramanya. Cek juga ketersediaan akses wi-fi dan provider komunikasi di negara tujuanmu. Di beberapa negara kamu bisa memesan transportasi berbasis aplikasi, jadi akan lebih hemat kalau berkabar dengan pengendara yang kamu pesan dengan nomor lokal. Cek juga mana tempat penukaran uang yang aman, lokasi ATM, sampai tempat membeli makanan yang halal.

Gimana Honey, tertarik menyusun rencana jalan-jalan tanpa tur? Jangan lupa membawa varian Natural Honey Lotion favoritmu untuk tetap menjaga kulitmu cantik dan lembab selama bepergian. Happy traveling!