5 Sumber Antioksidan di Sekitar Kita
5_Sumber_Antioksidan_di_Sekitar_Kita.jpg

Kamu mungkin sudah tahu bahwa antioksidan sangat penting untuk tubuh kita. Antioksidan dapat menjadi penangkal yang efektif untuk berbagai radikal bebas yang berasal dari polusi udara, asap rokok, makanan dan air yang terkontaminasi racun atau pestisida dan lain sebagainya. Pasalnya, radikal bebas yang berlebihan di tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti gangguan pernapasan, sakit jantung, hingga kanker. Selain itu paparan radikal bebas juga dapat menyebabkan kerusakan kulit dan penuaan sel. Itu sebabnya tubuh butuh antioksidan untuk menyeimbangkan radikal bebas. Sebenarnya , di sekitar kita ada berbagai sumber antioksidan yang mudah didapat dan dapat dikonsumsi sehari-hari. Cari tahu apa saja lewat daftar di bawah ini!

Teh Hijau

Kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mengembalikan sel-sel darah putih yang dapat melindungi tubuh dari berbagai virus. Teh hijau juga kaya dengan katekin, yaitu antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker prostat.

Kopi

Secangkir kopi hitam, baik yang mengandung kafein ataupun tidak, mengandung sejumlah antioksidan. Termasuk juga di dalamnya asam chlorogenic yang mencegah oksidasi kolesterol jahat. Kamu bebas meminum jenis apapun, americano atau espresso, namun usahakan menggunakan gula dan whipped cream seminimal mungkin.

Kismis

Kismis, khususnya yang berwarna gelap, menyediakan karbohidrat sebagai sebagai sumber energi sekaligus menjaga kondisi tulang agar tetap kuat. Kamu bisa mengonsumsinya dengan mencampurkannya sebagai taburan pada oatmeal atau yogurt.

Bubuk Cokelat

Bubuk cokelat atau cocoa powder murni (tanpa campuran gula) ternyata sangat menyehatkan. Di dalamnya terkandung berbagai mineral seperti kalsium, magnesium, natrium, serta flavanoid yang dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Kamu bisa mengolahnya menjadi saus cokelat, namun jangan mencampurnya dengan gula. Jika kamu tetap ingin memakai gula, gunakan sedikit saja, hanya untuk memberikan sensasi rasa gurih.

Jeruk

Berbagai penelitian menyebutkan buah jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat kaya dengan antioksidan. Serat-serat yang terlarut dalam jus jeruk mengandung antioksidan hingga 70%. Kamu bisa mengonsumsi jus jeruk setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam. Sedangkan untuk kecantikan kulitmu, gunakan Natural Honey Antioxidant yang mengandung madu, orange extract, serta double UV protection yang dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas.